Cara Memandikan Kucing 1


Tiap orang tahu bahwa kucing benci menjadi basah. Kucing secara umum menjaga kebersihan sendiri, dan oleh karena itu seharusnya tidak lagi sering-sering dimandikan kecuali dianggap perlu. Tetapi mereka kadang-kadang jadi teramat kotor, dibombardir oleh kutu atau kutu, atau memasuki bahan yang mengandung racun atau lain berbahaya. Atas kesempatan seperti itu, gagasan baik memandikan kucing anda. Di sini kita akan tahu bagaimana caranya untuk menjaga badan kucing anda agar tetap segar dan bagus tanpa rasa sakit.

1. Ambil keputusan apakah kucing anda benar-benar memerlukan mandi. Mungkin ada cara lain untuk membersihkan kucing anda, seperti penyikatan kucing, menyisir atau bulu burung menggosok pun dengan sehelai kain.



2. Pakai pakaian cocok. Baju sweater atau kemeja lengan panjang harus dipakai agar Ini untuk menjaga anda dari cakaran atau garukan si kucing saat dimandikan, bisa juga anda memakai sarung tangan.

3. Buat sedikitnya dua orang dilibatkan dalam memandikan kucing anda, khususnya jika kucing anda agak kuat dan bisa menyepak dan menggoyang-goyangkan cakarnya dari tangan anda. Satu orang sebaiknya memegang keempat kaki dan memegang rahang kucing agar kucing tidak bisa membuka mulutnya untuk menggigit anda, tetapi yakinkan anda tidak memegangnya benar-benar rapat karena akan mengganggu proses pernafasannya. Pegang kucing anda secara kukuh oleh sebab itu tidak bisa menggeliat-geliat ke luar dari pegangan anda.

4. Atau Potong semua kuku terlebih dahulu sebelum memandikan seekor kucing - ini akan mengurangi menggaruk.

5. Isi bak mandi tak lebih dari dalamnya 4-5 inci dengan air hangat (bergantung pada ukuran binatang). Coba mengisi bak mandi sebelum membawa kucing anda ke dalam kamar mandi, karena beberapa kucing bisa ngeri di samping air ledeng.

6. Siapkan beberapa ember dengan air ekstra untuk membilas kucing: Ini lebih menghemat penggunaan air dan mengurangi rasa stress kucing bila kita hanya menggunakan 1 ember dan mengisi ulang saat pembilasan, justru gemericik air mungkin menakuti kucing anda.

7. Taruh sehelai keset karet di bak mandi atau sehelai handuk agar kucing mempunyai pijakan nyaman.

8. Pakailah sampo untuk kucing (anda mungkin perlu pergi bertemu seorang dokter hewan untuk mendapat keterangan sampo yang cocok untuk kucing anda) tetapi jika anda tidak mempunyai banyak uang anda bisa memakai sampo bayi, atau memakai sampo lunak dan kondisioner. Jangan memakai sampo biasa karena mungkin mengandung racun ke kucing. Siapkan sehelai kain pencucian kecil. Punyai dua helai handuk di tangan untuk mengeringkan kucing anda.

9. Bila kucing terkena noda berminyak. Kucing menjadi kotor dengan sesuatu berminyak mungkin sangat sulit untuk membersihkan dengan sampo dan air sendiri. Seekor kucing lengket dengan minyak mesin atau gemuk, minyak mesin, kertas penangkap lalat.Terlebih dahulu kita fokus membersihkan noda tersebut sampai benar benar bersih. Bila noda tersebut sudah kita bersihkan maka proses memandikan kucing akan lebih mudah.
  • Untuk membersihkan noda diatas, kita harus memakai sarung tangan dan menyiapkan minyak goreng rendah kalori, atau mentega yang halus atau minyak sayur. Ambil sesendok atau kucurkan pada area yang terkena noda (jangan pakai air) lalu pijat noda di bulu dengan lembut diantara jari sampai nodanya sudah bercampur dengan minyak. Hapuskan noda dan minyak memakai kertas tisu (lebih menyerap) atau waslap kering.
  • Untuk kucing yang sangat bernoda, anda mungkin perlu mengulangi proses, untuk menipiskan bahan asing sebanyak-banyaknya.
  • Terakhir dengan memijat beberapa sampo secara langsung ke dalam tambalan berminyak di atas kucing anda.

10.Sisir bulu dengan seksama di hadapan anda sebelum menaruh kucing di air, jika kucing berambut panjang. Singkirkan simpul dan kekusutan sebelum membasahi bulu, agar pekerjaan anda selanjutnya lebih mudah.

11. Diamlah atau tetap tenang saat memandikan kucing dan pegang dengan kokoh baik di leher atau bahu. Kadang-kadang kucing, biasanya, akan mencoba pergi dari bak mandi. Biasanya lebih suka hanya berdiri dengan dua kaki muka mereka lurus bagian belakang bak mandi dan membiarkan mereka berdiri atas dua kaki.

 
12.Rendam kucing dari ekor sampai leher, pakai sehelai kain pencucian. Pakai sedikit sampo dan dengan air, siram dengan air leher, badan, kaki, perut dan ekor kucing anda. Jagalah supaya tidak memasukkan sampo di mata mereka, hidung, mulut, atau telinga.

 
13. Membilas dengan seksama dengan air di bak mandi, lalu mengalirkan bak mandi dan bilasan dua kali lagi dengan air dari ember atau air hangat. Jangan lupa untuk menyingkirkan seluruh sabun dari pakaian kita.


 
14. Menghilangkan Air. Biarlah air menetes dari kucing sembari dengan lembut memeras bulu untuk menghilangkan air sebelum anda membungkus kucing anda dengan handuk. Menggosok dengan lembut dengan satu helai handuk. Kalau handuk pertama jadi terlalu basah untuk menjadi efektif, pindah ke handuk kering. Usahakan untuk menghangatkan handuk di pengering atau dijemur terlebih dulu -- banyak kucing menemukan ini menghibur.

 
15. Selesai kering:
  • Kucing yang berambut pendek bisa mengeringkan sendiri saat di kamar mandi. Mereka akan lebih menghargai bila didudukkan ditempat yang hangat sambil memakai handuk kering.
  • Dengan kucing yang berambut panjang, anda akan mesti memakai sisir dan lebih banyak handuk. Rambut panjang lebih mudah disisir saat masih basah, oleh sebab itu anda dapat sekaligus untuk menyisir bulunya sampai betul-betul kering.
(sumber : wikihow.com)

0 comments:

Post a Comment