Flu pada Kucing

Tentu panyakit yang ini terjadi pada kucing. Seperti halnya flu pada manusia, kucing yang terserang flu menunjukkan gejala bersih-bersin, keluar leleran dari hidung & mata. Tampak adanya luka (ulcer ) di daerah mulut, demam dan tentu nafsu makannya berkurang bahkan hilang sama sekali. Kadang leleran hidung disertai darah.

Cat flu adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan bagian atas. Penyebabnya beberapa jenis virus  dan bakteri seperti Feline Calicivirus (FCV) , Feline Herpesvirus (FHV), Feline Reovirus, Bordetella bronchiseptica dan Feline Chlamydophila. FHV & FCV adalah penyebab flu yang paling sering.

 
Penyakit ini memang cukup berbahaya bagi kucing. Kematian bisa saja terjadi pada penyakit yang akut atau tidak segera pendapatkan pertolongan medis. Juga pada kucing-kucing anakan Dengan pertolongan medis yang intensif termasuk pemberian cairan infus bila diperlukan, biasanya kucing dapat sembuh dalam waktu 3 – 7 hari. Namun perlu diwaspadai, bahwa kucing yang telah sembuh dari cat flu akan bersifat pembawa (carrier) yang dapat menularkan penyakit kepada kucing-kucing lain.

Pencegahan yang cukup efektif adalah dengan melakukan vaksinasi sejak kucing berumur 8 minggu. Pada awal hidupnya, kucing hendaknya mendapatkan 2 kali vaksinasi dengan jarak  4 minggu, kemudian diulang setiap tahun sekali.
Apakah penyakit ini menular ke manusia ? TIDAK. Kucing penderita tidak akan menularkan flu ke manusia. Demikian juga sebaliknya kucing tidak akan mendapatkan penyakit ini dari manusia penderita flu.

(Sumber: Drh. Amir Mahmud - klinikhewan.com)

1 comments:

Unknown said...

Bagaimana penyembuhannya dok? Tolong infonya dong 🙏

Post a Comment