Mengenal Siklus Birahi Kucing

Pada kucing betina akan mengalami masa birahi di musim tertentu dan akan terus terjadi selama belum dikawinkan.Dan masa birahipun ada tahapannya.

Ada 5 (lima) tahap masa birahi :

Anestrus
Pada tahap ini biasanya sering terlihat diawal musim penghujan. Pada tahap ini pejantan tidak tertarik pada betinanya dan sebaliknya.

Proestrus
Pada tahap ini berlangsung sekitar 1-2 hari pada beberapa indukan tetapi tidak selalu kelihatan. Pada tahap ini betina biasanya memanggil si jantan, berguling-guling dan menggosok-gosokan badannya di lantai. Tetapi belum mengizinkan si jantan untuk mendekatinya.
 
Estrus
Pada tahap ini adalah masa subur berlangsung sekitar 1 (satu) minggu. Betina akan mengajak si jantan untuk mengawininya. Perkawinan bisa berlangsung sekitar 5-10 menit, kemudian setelah terjadi perkawinan si betina akan membersihkan dirinya (menjilati kemaluannya), berguling-guling dan tidak mengizinkan siapapun untuk mendekatinya selama beberapa saat. Perkawinan ini akan dilakukan berulang-ulang. Dan yang harus diperhatikan untuk kucing pejantan harus mempunyai tempat untuk menghindar, karena setelah terjadi perkawinan si betina biasanya akan bertindak agresif (marah/galak).
Perubahan dari tahap Proestus ke tahap Estrus dapat terjadi hanya beberapa jam.

Interestrus/Interfollicular
Jikalau si betina tidak dikawinkan maka akan masuk pada tahap ini kemudian akan masuk tahap Pro Estrus lalu masuk ke tahap Estrus lagi. Begitu seterusnya selama 1 (satu) minggu.
 
Metestrus
Jikalau si betina dikawinkan dan dibuahi (tetapi tidak hamil) maka akan masuk ke tahap ini. Pada tahap ini akan berlangsung selama 5-7 minggu.
Jadi kesimpulannya kalau punya kucing betina ingin minta kawin (beger), cepat-cepat di kawinin.

(sumber foto: foto.detik.com)

 
Catatan :
  • Kalau perkawinannya berhasil dia akan mengandung kurang lebih selama 62-65 hari.
  • Kalau dia mengalami keguguran atau kehilangan anakan yang sedang disusui, maka dalam waktu 2-3 minggu akan masuk ke tahap Estrus (masa subur) kembali.
  • Setelah dia melahirkan, maka siklus tahapan ini akan berulang kembali, biasanya setelah 8-10 minggu. Walau ada juga betina yang memulai siklus ini pada saat 2 (dua) minggu setelah melahirkan.
Semoga bermanfaat.

(sumber: denjaya.blogspot.com)

0 comments:

Post a Comment