Mempersiapkan Kucing Juara

Untuk kontes, ada banyak kelas lomba kucing yang bisa diikuti, diselenggarakan oleh berbagai pihak. Yang pasti, apa pun lombanya, persiapkan dulu kucingnya. Sebab, ketidakmengertian dan ketidaksiapan peserta dalam mempersiapkan kucingnya seringkali  menimbulkan masalah, demikian menurut Ir Yulian Susanty, Secretary of National Breeding Committee, Cat Fancy Indonesia.

Yang perlu diperhatikan

Kesehatan. Kucing yang ikut lomba harus sehat, tidak menderita penyakit menular, tidak berkutu, tidak berjamur, dan penyakit kulit lain. Tidak sedang hamil atau menyusui, tidak buta atau juling, dan tak menampakkan tanda-tanda sakit. Berikan vaksinasi lengkap pada kucing seminggu sebelum hari lomba. Biasanya, penyelenggara lomba akan meminta buku bukti vaksinasi dari dokter hewan.

Kebersihan. Faktor ini tak kalah pentingnya, agar kucing tampil cantik. Terutama pada bulu telinga, mata, dan kuku. Jangan sampai ada bintik atau bercak noda pada bulu, khususnya di sekitar anus. Mandikan kucing dan dandani sebelum lomba. Namun, hindarilah penggunaan kosmetik seperti pemakaian bedak berlebih, pengecatan rambut, dan pengeritingan.

Hindari stres. Kucing mudah mengalami stres. Kucing yang stres bisa menggigit dan mencakar juri, keluar arena perlombaan, bahkan mati mendadak. Ini tentu akan mempengaruhi penilaian. Untuk kucing, lomba adalah lingkungan dan situasi yang baru, yang membuatnya merasa kurang nyaman. Bila situasi ini ditambah lagi dengan ramainya penonton yang juga berusaha memegangnya, kucing bisa semakin stres dan penampilannya akan jadi buruk. Menurut Sekretaris Jenderal ICA, Rusmiati S.Kom, MM (Russy), sebaiknya letakkan kucing dalam tempat yang agak tersembunyi. Lalu, secara perlahan sesuaikan dengan suasana lomba, misalnya keluarkan kucing sambil dipangku dan dielus.

Atur waktu. "Di CFI, penyelenggaraan lomba tergantung animo wilayah untuk standar show regional. Biasanya pada tingkat nasional diadakan sebanyak dua kali setahun di Jakarta atau Bogor, sementara pada tingkat internasional sekali setahun," demikian Yulian Susanty. Sedangkan, menurut Russy, ICA mengadakan lomba di setiap cabang. Dalam setahun, ada empat lomba tingkat internasional, dan lebih banyak lomba di tingkat nasional. Maka, pastikan dulu kucing kita akan ikut yang mana. Hubungi organisasi kucing yang biasa menyelenggarakan lomba. Sehingga kita punya cukup waktu untuk mempersiapkan "sang juara".


Kriteria penilaian. Penilaian untuk kucing jenis pedigree (ras) tergantung pada standar masing-masing ras. Untuk house cat (non-pedigree), yang dinilai adalah kesehatan, kebersihan, performance, dan tabiat si kucing. Biasanya kucing yang dilombakan berusia 4 bulan ke atas. Khusus kucing jantan berusia di atas 10 bulan, pastikan tidak terdapat kelainan testikular dan hernia. Indonesia masih menggunakan kriteria lomba Eropa. Misalnya, bentuk kepala yang proporsional, bentuk kuping seperti ras Persia yang harus panjang dan menghadap ke bawah, hidung pesek, serta rahang atas dan bawah rapat.

Organisasi penyayang kucing

Tak ada salahnya bergabung dengan organisasi penyayang kucing agar mendapat informasi lomba yang lengkap dan terbaru.
(Intan Sari Boenarco/Prevention Indonesia)

(Sumber : female.kompas.com)

Hal yang perlu di hindari saat kontes kucing

Sebelum anda mengkuti cat show atau kontes kucing. Anda harus memastikan bahwa kucing anda memenuhi kualifikasi. Biasanya kucing yang memiliki tanda dibawah ini akan langsung didikualifikasi dari kontes.

Nah! Berikut hal-hal  yang dapat membuat kucing didiskualifikasi saat cat show. Semoga tidak terjadi pada kucing anda ya:

    * Kucing yang terlalu agresif.
    * Memiliki kelainan testikular
    * Kucing yang sedang sakit
    * Kucing yang ditambahi kosmetik
    * Kucing yang ada tanda-tanda sakit (walaupun anda merasa tidak sakit)
    * Kucing betina Yang sedang menyusui
    * Kucing yang sedang  mengandung
    * Kuku Kucing di amputasi (dicabut)
    * Kucing yang tuli
    * Kucing yangbuta

Walaupun semua hal diatas tidak 100% tapi Sebagaian besar hal diatas pasti menjadi syarat-syaratnya. Jadi sebaiknya  jika anda ingin mengikuti kontes kucing baca baik-baik peraturanya. Hal apa yang akan membuat kucing ada menang, kalah atau bahkan didiskualifikasi.

kan nggak lucu saat anda mengikuti lomba. Panitia mengtakan “maaf pak/bu kucing anda tidak memenuhi syarat dari kami silahkan dicoba lain kali saja”. Busyet betapa malunya itu, apalagi  terjadi di depan umum. Orang-orang pasti akan mengatakan “Aduh kasihan tuh kucing punya majikan kok nggak becus.”

Ya udah! bagi anda yang sedang mengikuti cat show saya doakan berhasil

(Sumber: kucing.web.id)

0 comments:

Post a Comment