Penyebab Mata Berair Pada Kucing

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan berair atau lendir seperti meluap dibuang ke kelopak mata dan berlari menuruni sisi wajah sehingga mewarnai bulunya. Kucing tidak menangis seperti yang orang-orang kira, sehingga ini bukan faktor dianggap sebagai salah satu penyebab. Dalam semua kucing dengan mata berair, penyebabnya harus ditentukan dulu sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan.

Pertama, penting untuk menentukan apakah mata merah atau iritasi. Kelainan mata atau iritasi dicirikan dengan mata merah atau pembesaran sisi dalam mata yg menyakitkan. Namun, jika mata tidak merah, maka penyumbatan dalam sistem drainase air mata ada masalah.

Perlu diketahui bahwa air mata yg berlebihan atau lengket, lelehannya dari mata atau hidung sering dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan virus kucing. Kemungkinan ini harus diselidiki sebelum mata saja diperlakukan.

Nasolacrimal Occlusion

Pada kucing dengan kondisi ini, cairan ini disebabkan oleh limpahan air mata yang disebabkan oleh penyumbatan dalam sistem pengeringan air mata. Drainase air mata yang tidak memadai harus dipertimbangkan jika kucing mempunyai mata yang kuat pelepasannya dengan tanda kemerahan pada kulit.

Seekor kucing bisa lahir dengan sistem drainase air mata yang tidak memadai. Namun, dalam banyak kasus, 'nasolacrimal Occlusion' adalah hasil dari jaringan parut dari luka kelopak mata kucing yang diperoleh dalam perkelahian. Penyebab lainnya adalah infeksi kronis di sistem saluran dan menghubungkannya dari saluran oleh lendir tebal, kotoran, atau benih rumput.

Untuk melihat apakah sistem drainase terbuka, seorang dokter hewan noda kolam air mata di dekat sudut dalam mata dengan fluorescein pewarna. Apakah cairan tidak muncul di lubang hidung, saluran air mata diblokir di sisi itu. Nasolacrimal probe dimasukkan ke dalam saluran pembukaan, dan berbagai teknik memerah digunakan untuk menunjukkan titik obstruksi. Pembilasan dengan kapas yang selama ini kita lakukan hanya menghilangkan penyumbatan dan membuka saluran saja.

Noda Air Mata


Limpahan air mata, sering dipandang menodai rambut di bawah mata, terjadi dalam beberapa kucing dengan hidung pendek, besar, mata menonjol, dan wajah-wajah datar. Masalahnya dilihat paling sering di Persia dan Himalayans, dan breeds lainnya dengan moncong pendek. Keturunan ini tunduk pada iritasi mata kronis dan infeksi yang menghasilkan robek. Struktur wajah mereka biasanya menyebabkan penyempitan saluran dan nasolacrimal dangkal danau air mata di sudut dalam mata. Semua faktor ini dapat menyebabkan masalah.

Perawatan: Jika tidak ada diperbaiki penyebabnya, seringnya ditingkatkan dengan pemberian antibiotik spektrum luas. Jika penyebabnya adalah infeksi kronis, antibiotik akan mengobatinya. Tetracycline adalah obat pilihan. Hal ini dikeluarkan dalam air mata dan juga mengikat bagian dari air mata yang noda bulu. Jika perbaikan hanya karena tindakan pengikatan obat, wajah tetap basah tapi tidak memar. Tetracycline diberikan melalui mulut selama tiga minggu. Jika noda kembali setelah pengobatan, maka prosedur jangka panjang mungkin akan dipertimbangkan. Beberapa pemilik kucing memilih untuk menambahkan tetrasiklin dosis rendah untuk makanan kucing untuk kontrol jangka panjang. Tetrasiklin tidak boleh diberikan kepada anak-anak kucing atau betina hamil , karena akan menimbulkan masalah dengan perkembangan gigi dan tulang.

Ketika penampilan sebagai pertimbangan yang penting, Anda dapat meningkatkan penampilan kucing dengan guntingan rambut dekat dengan wajahnya.

Artikel ini dikutip dari “ Cat Owner’s Home Veterinary Handbook” dengan ijin dari Wiley Publishing, Inc.
Copyright © 2008 by Delbert Carlson, DVM, and James M. Giffin, MD. All rights reserved.
Source: WebMD.com
http://pets.webmd.com/cats/causes-of-feline-watery-eyes

(Sumber: medicinenet.com - diterjemahkan oleh : Dig. Agung)

10 comments:

Mata Kucing Berair said...

ow begitu penyebabnya..
dengan artikel ini sudah cukup untuk saya mengerti dan mencegah penyakit tersebut menular ke keucing lainny...
trim's ya artikelny

Kenapa Mata Kucing Berair said...

sangat menginspirasi dan tentu saja berguna untuk semua pecinta kucing :)

Penyebab Mata Kucing Berair said...

terima kasih atas artikel yang SUPER ini :D

Anonymous said...

Thanks ya artikelnya, bermanfast banget

Anonymous said...

Kata2nya membingungkan untuk dibaca

Barcode Scanner said...

tuh kucing matanya gelap..
jadi ngeri liatnya

Nazwa said...

Berapa lama mengatasi mata kucing berair dan apakah bahaya sekali ?

Unknown said...

mau tanya donk... kucing persiaq baru 3hari ini matanya berair dan keluar blobok. padahal dr dlu gak pernah kyk gni. tp kok baru 3 hari ini matanya berair dan keluar blobok di mata kirinya. info please . knp itu dan solusinya gimana ya

Unknown said...

bagaimana cara nya supaya bulu bulu di bawah kelopak mata gaak basah dan berubah warna,,,,kalau dilap sama kapas basah, kapasnya berubah jd warna coklat,,,itu kotoran atau luka y

Unknown said...

bagaimana cara nya supaya bulu bulu di bawah kelopak mata gaak basah dan berubah warna,,,,kalau dilap sama kapas basah, kapasnya berubah jd warna coklat,,,itu kotoran atau luka y

Post a Comment